kemenag

Catatan Bantuan Talih Asih ASN Kemenag: Dari Masjid Ikhlas Beramal Hingga Kankemenag KLU

Mataram (Kemenag) — Pagi itu, langit tampak cerah. Matahari memapar suam di atas langit kota ‘sejuta tenda’. Plt Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan melakukan anjangsana guna menyalurkan bantuan tali asih Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama se-Indonesia kepada korban bencana gempa Lombok. 

Tepat pukul 09.00 waktu setempat, M Nur Kholis Setiawan dan tim tanggap darurat gempa Lombok, Kemenag, beranjak dari Kota Mataram. Tujuan pertama adalah Lombok Utara, tempat peletakan batu pertama pembangunan bantuan gedung masjid yang diberi nama, Masjid ‘Ikhlas Beramal Borok Sama Guna’.

Tempat ibadah ini awalnya bernama ‘Masjid Borok Sama Guna’. Karena gempa Lombok pada Juli lalu, masjid ini roboh, rata dengan tanah. Kementerian Agama lalu memberikn bantuan untuk membangun kembali masjid tersebut dari dana tali asih ASN Kemenag. Nama tempat ibadah ini pun diubah menjadi ‘Masjid Ikhlas Beramal Borok Sama Guna’.

M. Nur Kholis Setiawan hadir didampingi Karo Umum Syafrizal. Ikut dalam rombongan, Kakanwil Kemenag NTB Nasruddin. Di lokasi pembangunan, tampak hadir juga masyarakat, tokoh agama, dan juga pengurus masjid TGH Abd Karim Abd Gafur.

Kehadiran M Nur Kholis disambut Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Utara H Suardi. Bersama masyarakat, mereka lalu berjalan menuju tenda tempat peletakan batu pertama masjid ‘Ikhlas Beramal Borok Sama Guna’.

Prosesi peletakan batu pertama masjid  diawali pembacaan ayat suci Alquran.

Masjid Ikhlas Beramal Borok Sama Guna, akan berdiri tepat di samping hilir Sungai Karang Rade, Desa Tanjung. Masjid dibangun dengan luas kurang lebih 12×16 meter. Masjid ini akan dibangun dengan biaya sebesar Rp1 M, dengan dasar bangunan tahan gempa.

Diakui M Nur Kholis Setiawan, dana tersebut masih kurang, namun setidaknya dapat mendirikan kembali masjid kebanggaan masyarakat Tanjung tersebut. Apalagi, menurut pengakuan pengurus Masjid dan Sekda Lombok Utara, jamaah masjid dulunya cukup ramai.

Sekda Lombok Utara Suardi menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada Kementerian Agama yang telah menyalurkan dana ASN yang terhimpun untuk membangun masjid.

Dari Tanjung,  rombongan  menuju Kankemenag Lombok Utara. Mereka akan meninjau kondisi gedung Kankemenag yang juga rusak akibat gempa dan sudah tidak layak huni.

Sekira 20 menit perjalanan dari Tanjung, rombongan tiba di tempat tujuan, Jalan Raya Gondang, Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Sekilas dilihat dari halaman depan, bangunan Kankemenag Lombok Utara masih berdiri. Namun, setelah ditelisik ke dalam hingga belakang,  kondisi gedung sudah rusak parah dan harus dibongkar untuk dibangun ulang.

Instruksi Plt Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan, agar dapat membangun ruangan sementara dihalaman kantor dengan dana sebesar Rp150 juta sehingga aktivitas perkantoran untuk melayani masyarakat berjalan seperti biasa.

Ketua tim tanggap darurat gempa Lombok Kemenag, Syafrizal, memastikan akan segera didirikan bangunan ruangan sementara, seperti bantuan yang diberikan kepada MTsN 3 Lombok Timur, di halaman Kankemenag. Bantuan itu juga bersumber dari dana tali Asih ASN Kemenag se-Indonesia.

Kanwil Kemenag NTB Nasruddin dan Kepala Kankemenag Lombok Utara Muksin merasa terharu dan berterimakasih atas segala perhatian sigap inisiatif tim dari Kemenag Pusat. Semoga dengan semua bantuan yang diberikan dapat membangkitkan semangat dan memulihkan trauma pegawai dan masyarakat untuk bangkit membangun Lombok.

Kunjungan Plt Sekjen dan ketua tim tanggap darurat gempa Lombok, Kemenag merupakan bentuk kepedulian. Mereka juga terus memicu semangat kerja pegawai dan masyarakat di Lombok agar segera bangkit kembali. Semoga secepatnya Lombok Utara khususnya, Nusa Tenggara Barat pada umumnya, segera dapat bangkit dan tumbuh normal sediakala.

Berita terkait : Irjen Kemenag Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Ikhlas Beramal di NTB

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: