kemenag

Buka KSM, Menag Sampaikan Pesan Motivasi Bagi Siswa Madrasah

Bengkulu (Kemenag) – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional Tahun 2018 resmi dibuka Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mewakili Menteri Agama di Bengkulu, Selasa (25/09).

Berikut pesan motivasi Menteri Agama kepada para siswa madrasah yang disampaikan Kamaruddin Amin yang dihadiri peserta KSM dari 34 provinsi dan siswa madrasah yang memenuhi Gedung Gunung Bungkuk, Bengkulu.

Anak-anakku Siswa-siswi Madrasah yang Saya Banggakan, Sebuah pepatah latin mengatakan, Non scholae, sed vitae discismus.  Belajar bukan untuk sekolah, melainkan untuk hidup. Pepatah ini menegaskan bahwa sekolah adalah sarana, bukan tujuan.Tujuan utama kita sesungguhnya adalah mengisi kehidupan dengan hebat dan bermartabat.

Jangan sekedar menjadi manusia biasa, bila kita punya kesempatan menjadi luar biasa. Jangan sekedar jalani hidup asal selamat, jika kita mampu hidup bermartabat.

Hari ini saya ingin mengajak kita semua bersyukur, karena berada dalam sebuah lingkungan yang akan menjadi sarana kita untuk meraih Madrasah Hebat Bermartabat. Di Madrasah, kita tak hanya mendapatkan ilmu dunia, tapi kita pun belajar memahami Sang Maha Ilmu. Belajar di madrasah, insyaAllah mengarahkan kita untuk menjadi hebat dan bermartabat.

Saya tak ragu menyatakan bahwa madrasah hari ini adalah sebuah institusi membanggakan. Setiap tahun, kita dapat saksikan siswa -siswi terbaik madrasah siap memberikan prestasi terbaik bagi bangsa.

Contohnya hari ini hingga 29 September 2018 mendatang. Anda semua, 543 siswa-siswi terbaik madrasah, berada di Kota Bengkulu ini untuk menunjukkan kemampuan terbaik.  Ada yang berkompetisi dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM), dan ada pula yang beradu hasil penelitian.

Kalian, siswa-siswi terbaik dari ribuan anak madrasah di penjuru nusantara ini. Kalian siswa-siswi yang mampu menaklukan ketakutan dan kemalasan hingga menjadi pribadi yang tertempa.

Lalu, apa yang membuat kami, generasi old ini tidak bangga memiliki kalian? Ya, kami bangga pada kalian, yang konon dikenal dengan generasi milenial.

Pada kalian, kami menumpukan sejuta harapan. Kalian, siswa siswi madrasah, yang tak hanya selalu berdzikir, tapi juga pandai berpikir. Kalian, yang kami yakin tak hanya taat pada agama, tapi juga cinta pada negara.

Hi guys!!! You are our future leaders!!. Pemuda-pemuda hari ini yang kami yakin akan jadi pemimpin bangsa terbaik di masa depan !!! Kalian, Siswa MADRASAH !!!

Namun ananda siswa-siswi madrasah yang Saya Banggakan, Saya ingin mengajak kita semua untuk merenungkan bersama tentang satu kisah menarik yang pernah terjadi di Bumi Raflesia ini. Kisah ini adalah bagian kehidupan proklamator negara ini, Bung Karno.

Lebih dari 80 tahun yang lalu, saat ia dalam pengasingan di tanah Bengkulu ini, Bung Karno diminta Tuan Hasan Din untuk mengajar di salah satu sekolah agama. “Tetapi, ingatlah hendaknya Bung… jangan membicarakan soal politik,” pesan Hasan Din saat itu.

Apa ananda sekalian tahu jawaban Bung Karno? “Ah, tidak,” sahut Bung Karno. “Tetapi, saya kan boleh menyinggung Nabi besar Muhammad yang selalu mengajarkan cintanya pada Tanah Air,” kata Bung Karno melanjutkan.

Ananda sekalian, Apa makna kisah ini? Seperti Bung Karno, Saya berharap siswa madrasah senantiasa mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW. Jadilah pemuda berakhlak mulia, yang cinta tanah air. Teladani empat sifat Rasul nan Mulia. Jadilah pemuda yang Shiddiq, Amanah, Fathonah dan Tabligh.

Ditengah derasnya arus informasi media sosial yang dahsyat, please... jangan sampai terprovokasi.  Carilah informasi dan pengetahuan dari sumber terpercaya dan utama.Jangan lupa untuk selalu berpegang tegug pada Al-Qur’an dan Hadits, agar belajar yang dilakukan benar-benar menuntun kalian untuk mencapai tujuan hidup sejati.

Anak-anakku peserta KSM yang saya cintai, Saya ucapkan selamat berkompetisi !!!. Jadikan pengalaman kalian selama berkompetisi di Kompetisi Sains Madrasah dan Madrasah Young Researcher Supercamp ini sebagai bekal pembelajaran dalam meniti kehidupan.

Buktikan pada dunia, bahwa kami patut bangga memiliki kalian generasi taqwa nan pandai. Generasi Madrasah yang Hebat dan Bermartabat. Because, You are our future leaders…!!!

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: