kemenag

BPJPH Gelar Pembinaan Jaminan Produk Halal bagi Konsumen 

Kepri (ikhlasberamalnews) — Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menggelar Pembinaan JPH bagi konsumen. Kegiatan yabg berlangsung di Kota Batam, Kepri, 24-26 Agustus 2019 ini mengangkat tema “Kesadaran Masyarakat Mengonsumsi Produk Halal”.

Pembinaan diikuti sekitar 75 peserta, terdiri dari penyuluh agama Islam, Ketua DKM, dan pengurus Ormas Islam di Provinsi Kepulauan Riau. Hadir sebagai narasumber, perwakilan Pusat Kajian Halal IPB, Supratikno dan perwakilan Pusat Kajian Halal Masjid Salman ITB, Dina Sudjana.

Kepala BPJPH Sukoso mengatakan, pembinaan dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi produk halal. Menurutnya, mengonsumsi produk halal tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan lahir saja, tetapi juga batin. Sebab, makanan halal akan berpengaruh baik terhadap perilaku. 

Di hadapan peserta, Sukoso menjelaskan bahwa masyarakat dapat berperan aktif dalam melakukan pembinaan JPH. “Masyarakat dapat berperan dalam melakukan edukasi JPH,” ungkapnya di Batam, Senin (26/08).

Undang-Undang Nomor 33 tentang Jaminan Produk Halal memang memberi kesempatan publik untuk berperan mensukseskan penyelenggaraan JPH. Salah satu yang bisa dilakukan adalah berperan dalam sosialisasi dan edukasi JPH. Pemahaman akan halal dan haram adalah sesuatu yang niscaya untuk diedukasikan kepada masyarakat yang mayoritas muslim. 

“Untuk itu konsumen muslim harus mengerti dengan hakekat halal dan haram itu sendiri,” tegasnya. 

Dengan pemahaman yang tepat maka tingkat ‘sadar halal’ di masyarakat akan meningkat. Konsumen muslim memahami bahwa konsumsi produk halal merupakan aktualisasi kualitas pemahaman, penghayatan dan pengamalan sebagai umat beragama. Oleh karena itu, perlindungan konsumen terhadap pelaksanaan jaminan produk halal menjadi suatu keharusan yang dilakukan oleh pemerintah. 

“Di sinilah pentingnya bagi pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada perlindungan konsumen,” tutup Sukoso. (BPJPH) 

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: