kemenag

Begini Skema Kemenag Bantu Bencana Palu-Donggala

Jakarta (Kemenag) — Kementerian Agama kembali membentuk tim tanggap darurat dalam rangka membantu korban bencana gempa di Palu-Donggala, Sulteng. Sebelumnya, tim yang sama juga dibentuk untuk membantu korban bencana gempa di Lombok, NTB.

Kepala Biro Umum Syafrizal mengatakan bahwa ada tiga skema penanganan yang akan dilakukan dalam membantu korban bencana. “Pertama, mengirim tim tanggap darurat,” terang Syafrizal di Jakarta, Selasa (02/10).

Tim Tanggap Darurat terdiri dari tujuh orang, terdiri dari: lima orang dari petugas keamanan (security) Kemenag dan dua staf bendahara. Tim tanggap darurat ini bertugas dengan semboyan “tanggap, cepat, dan tangguh”. 

Tim ini bertugas memberikan bantuan terkait kebutuhan dasar korban terdampak gempa. Mereka akan membeli kebutuhan pokok sehari-hari, seperti beras, gula pasir, kopi, diapers dan susu bayi, pembalut wanita, dan keperluan lainnya. Pada tahap awal, alokasi anggaran pembelian ini berkisar 200juta atau sekitar dua truck barang. Sumber dananya adalah bantuan gotong royong ASN Kementerian Agama.

“Kami sudah mengirimkan surat edaran ke seluruh satuan kerja Kementerian Agama terkait penggalangan dana bantuan ini. Mudah-mudahan nantinya bisa terkumpul dana dengan jumlah yang sama dengan penggalangan dana bantuan untuk NTB, mencapai Rp14,7 Miliar,” harap Syafrizal. 

“Penghimpunan dana gotong-royong ini bahkan menjadi contoh di Kemenko PMK,” lanjutnya.

Upaya kedua, lanjut Syafrizal, proses revisi anggaran yang dilakukan oleh satuan-satuan kerja untuk kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab rekon) tahun anggaran 2018. “Hal sama telah dilakukan untuk korban gempa Lombok. Saat ini, upaya itu juga akan dilakukan untuk membantu korban gempa Palu-Donggala,” jelas Syafrizal.

Langkah ketiga penanganan korban gempa Palu-Donggala menurut Syafrizal adalah mengalokasikan program dan anggaran recovery pada tahun 2019. “Sekarang sedang bergulir di DPR RI, dari pagu indikatif menuju pagu definitif. Artinya, akan ada proses alokasi anggaran untuk recovery di Lombok dan Sulawesi Tengah pada tahun 2019,” tandasnya.

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: