kemenag

Bahas Sinergi Kebangsaan, Mengaji Indonesia Edisi Keempat Hadirkan Alissa Wahid dan Zawawi Imran

Jakarta (Kemenag) — Kementerian Agama akan kembali menggelar kegiatan Mengasah Jati Diri (Mengaji) Indonesia. Gelaran kali keempat ini akan berlangsung Senin (08/10) malam di UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan kembali menjadi host dengan narasumber Alissa Wahid dari Jaringan Gusdurian Indonesia, budayawan Zawawi Imran, dan Rektor UIN Maliki Malang Abdul Haris Al-Muhasibi.

“Mengaji Indonesia ini kali akan mengangkat tema Kita Indonesia, Kita Bersinergi,” terang Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim di Jakarta, Kamis (04/10). 

Menurutnya, ada sejumlah alasan mengangkat tema tentang sinergi. Salah satunya, kesadaran bersama untuk terus bekerjasama membangun NKRI penting digaungkan di tahun politik. “Semua pihak mesti bersinergi dalam memajukan Indonesia. Jangan sampai kegaduhan politik menjadikan kita tercerai berai,” tuturnya. 

Kasubdit Penelitian Suwendi menambahkan, Mengaji Indonesia edisi keempat diperkirakan akan dihadiri lebih dari enam ribu peserta. Mereka berasal dari kalangan agawaman di Malang, civitas akademika UIN Malang, masyarakat setempat, serta peserta The 3rd International Conference on University-Community Engagement (ICON-UCE) 2018.

Bersamaan kegiatan Mengaji Indonesia, UIN Malang sedang menjadi tuan rumah ICON-UCE 2018. Kegiatan ini diikuti sekitar 500 akademisi dalam dan luar negeri yang berkumpul untuk membahas penguatan pemberdayaan masyarakat. 

“Kehadiran peserta ICON-UCE diharapkan dapat memperkaya diskusi Mengaji Indonesia, utamanya dalam mengoptimalkan sinergi dan pengabdian di kalangan perguruan tinggi. Sebab, perguruan tinggi harus menjadi teladan dalam pengabdian yang dapat dinikmati masyarakat,” tandasnya.

Sebelum UIN Malang, ICON-UCE 2018 diselenggarakan di UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sumatera Utara Medan, dan IAIN Tulungagung.
 

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: