kemenag

Asrama SBSN, Training Center, dan Prestasi Dunia MAN 2 Kota Makassar

Makassar (ikhlasberamalnews) — Sebagai model, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Makassar memiliki infrastruktur cukup lengkap. Fasilitas ini makin lengkap setelah pada 2019 mendapat dana pembangunan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Kepala MAN 2 Kota Makassar Kaharudin menyebutkan bahwa pada tahun 2019, pihaknya membangun gedung asrama dari dana SBSN. Dengan daya tampung 48 tempat tidur, pembangunan gedung ini selesai pada Desember 2019 dan diresmikan Menag Fachrul Razi pada Februari 2020.

“Selama kurang lebih tiga bulan, asrama ini digunakan untuk kegiatan Training Centre dalam rangka penguatan kognitif siswa yang akan mengikuti even-even perlombaan,” terang Kaharudin di Makassar, Sabtu (19/12).

“Alhamdulillah, sepanjang 2020 para siswa meraih prestasi, bahkan Medali Perak dan Perunggu pada lomba Matematika tingkat dunia di Singapura dan Malaysia,” sambungnya.

Menurut Kaharudin, siswa MAN 2 Kota Makassar juga meraih medali emas, perak, dan perunggu pada kompetisi sains yang diselenggarakan Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) dan Olimpiade Pahlawan Sains Indonesia (OPSI). Prestasi lainnya diraih pada Madrasah Robotic Competition dan lomba science yang diselenggarakan Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

MAN 2 Kota Makassar, kata Kaharudin, tahun ini juga mengembangkan kerjasama dengan lembaga pendidikan dari Amerika (AMINEF) untuk bantuan penutur asli Bahasa Inggris. Namun karena pandemi Covid-19 kerjasama ini ditunda. Sebelumnya (2017-2019), sinergi MAN 2 Kota Makassar dengan AMINEF berjalan dalam bentuk  teacher assistan. MAN 2 Kota Makassar mendapat beasiswa pertukaran pelajar di Amerika.

Kerjasama international juga dilakukan dengan Australia berupa program BRIDGE yang didanai oleh Kementerian Luar Negeri Australia. Kerja sama ini berupa sister school antara MAN 2 Kota Makassar dengan Corinda Senior High School Brisbane Australia. Kerja sama ini ditandai dengan pertukaran guru antara dua sekolah dan kesempatan siswa MAN 2 Kota Makassar belajar di sekolah sister di Brisbane Australia.

“Kerjasama juga dijalin dengan Asia Pacific University (APU) Japan. Sinergi ini ditandai dengan diterimanya beberapa siswa MAN 2 Makassar untuk study di APU Japan melalui program Beasiswa,” tuturnya.

Kaharudin mengaku, keberadaan asrama MAN 2 Kota Makassar berkontribusi positif dalam pengembangan prestasi siswa. Berbagai prestasi yang diraih menempatkan MAN 2 Makassar sebagai madrasah berprestasi international di kawasan Indonesia Timur.

Angka lulusan MAN 2 Kota Makassar yang masuk perguruan tinggi negeri (PTN) juga tinggi, mencapai 85%. “Ini merupakan prestasi madrasah tertinggi untuk Indonesia Timur,” tukasnya.

Kaharudin optimis MAN 2 Kota Makassar mampu menjawab tantangan pendidikan abad 21 dan bonus demografi dengan mengembangkan penguasaan iptek dan keseimbangan pendidikan mental karakter dan akhlakul kharimah. Pendidikan sikap mental dan ahlakul kharimah juga menjadi bagian penting dalam menjawab tantangan persoalan moral yang terjadi.

“Keberadaan asrama juga menunjang pendidikan ahlakul kharimah. Program keagamaan di asrama sangat membantu dalam membentuk karakter siswa,” tandasnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: