kemenag Pendidikan Islam

2018, Kemenag Bertanggung Jawab Penulisan Bahan Ajar

Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin. (Foto: Pendis)

Jakarta (ikhlasberamalnews.com) — Mulai tahun 2018, Kementerian Agama mengemban tanggung jawab baru, yaitu: penulisan bahan ajar atau  buku teks pembelajaran keagamaan. Hal ini disampaikan Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin di Jakarta, Kamis (01/02).

Kewenangan Kemenag melakukan penyusunan buku agama ini berdasarkan UU. No. 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan. Pasal 6 ayat 3 UU ini menyebutkan bahwa muatan keagamaan dalam buku pendidikan menjadi tanggung jawab menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama.

Menurut Kamaruddin, penulisan bahan ajar atau buku pembelajaran harus merujuk pada pedoman yang telah disusun dan disiapkan Kemenag. Pedoman itu harus dijadikan sebagai rambu-rambu penyusunan buku keagamaan  di sekolah dan perguruan tinggi.

UU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan juga menyebutkan perlunya pembinaan dan pengawasan terhadap buku pendidikan, buku teks, non teks dan buku umum. “Maka, buku-buku tersebut perlu dibina, dikembangkan, diawasi dan dikontrol sehingga Kementerian Agama terlibat dan bertanggung jawab terhadapa buku yang dipakai di sekolah,” ujarnya.

Direktur Pendidikan Agama Islam Imam Safei juga mengaku sudah menyiapkan pedoman penulisan buku PAI dan Budi Pekerti. “Pedoman ini akan digunakan sebagai  langkah awal dalam penulisan buku bahan ajar, sekaligus rambu-rambu penulisan materi pembelajaran agama,” ucapnya.

Imam menambahkan, Kemenag juga terlibat dalam menilai kelayakan dan kesesuaian materi buku bahan ajar dengan standar kompetensi. Tanggung jawab sistem perbukuan  ini meliputi semua buku pendidikan agama, baik itu Islam, Kristen, Hindu, Buddha, Katolik, dan Konghucu, semua harus dilakukan pengawasan, pembinaan dan penilaian. (Hikmah)

Baca juga:

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: